UMKM Digital

Mau UMKM Mu Omset Penjualannya Naik? Yuk Simak Ulasan Ini

Tak gampang bagi pelaku usaha mikro menjalani bisnis dan bertahan di tengah pandemi COVID-19. Para UMKM sepatutnya putar otak supaya usahanya dapat terus berjalan, serta meningkatkan penjualan.
Untuk itu, Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang hampir 100%-nya UMKM lokal membagikan lima sistem untuk mempertahankan sampai meningkatkan omzet. Apa saja?

1. Evaluasi dan Analitik Pasar

Pelaku usaha perlu mengenali situasi pasar dan konsumen jikalau berkeinginan meningkatkan potensi penjualan yang lebih besar. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengenal keperluan konsumen akan ragam produk dan layanan yang dikasih.

Untuk memudahkan menjalankan evaluasi, Anda dapat memanfaatkan fitur Statistik Kios di aplikasi Tokopedia Seller. Melewati fitur ini, penjual dapat mempelajari beragam data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, popularitas orderan dan beragam data penting lainnya.

2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis

Kecuali itu, seller juga bisa mengaplikasikan fitur beriklan otomatis TopAds supaya produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan menolong penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan mengembangkan penjualan.

3. Pertajam Taktik Promo

Untuk kiat ini, Vice President of Logistics Tokopedia Edwin Mailoa menekankan pentingnya promo untuk menyokong transaksi penjualan di warung online. Penggiat UMKM bisa menyediakan bundling produk ataupun potongan harga terhadap konsumen.

“Penjual juga bisa mengaktifkan fitur Bebas Ongkos supaya pembeli tak perlu cemas mengenai tarif pengiriman,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/6/2022).

4. Manfaatkan Gudang Jago

Sementara itu, Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak menganjurkan supaya pelaku usaha memanfaatkan layanan gudang trampil untuk menitipkan produknya. Ia mengukur, dengan Dilayani Tokopedia yang tersebar di beragam kawasan di Indonesia, penjual dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Dilayani Tokopedia menolong operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman orderan, sampai penanganan sekiranya ada kendala transaksi. Dengan demikian itu, aktivis UMKM bisa lebih konsentrasi kepada pengembangan usaha,” ujarnya.

5. Pilih Pengiriman yang Cocok

Sebagai online seller, tentu Anda memerlukan mitra jasa pengiriman supaya produk dapat hingga ke tangan konsumen. Untuk memudahkan para penjualnya, Tokopedia menyediakan tiga ragam layanan pengiriman orderan, yang dapat dipilih aktivis usaha cocok dengan keperluan bisnisnya.

Pertama, layanan ‘Dijemput Kurir’ yang memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu orderan diambil kurir. Kedua merupakan layanan Antar ke Kantor Agen, yang mewajibkan pelaku usaha untuk mendampingi orderan ke agen pengiriman. Lalu ada layanan ‘AWB Otomatis’ dan ‘Non-Tunai’ yang menolong pelaku usaha mencatat domisili, resi, serta ongkos pengiriman melalui mitra logistik secara otomatis.