Venus

Apakah Ada Oksigen di Planet Venus?

Dalam misi mencari kehidupan di planet lain, kecuali Mars, kompetitor terdekatnya dapat jadi Venus, sebab ilmuwan mulai merencanakan sebagian misi ke planet tetangga sebelah itu.

Tapi, sebelum mempertimbangkan untuk pergi ke Venus, pertanyaan utama dari misi ini yaitu keperluan kritis untuk mengenal komposisi organik dan kimia planet ini. Adakah oksigen seperti Bumi di sana?

Misi Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gases, Chemistry, and Imaging alias DAVINCI, akan diluncurkan ke Venus pada 2029 untuk mengenal jawaban atas pertanyaan-pertanyaan hal yang demikian.

NASA mengatakan bahwa dengan mengkaji pengevaluasian VfOx terobosan ini, para ilmuwan untuk pertama kalinya akan mengidentifikasi mineral apa yang paling stabil di dataran tinggi permukaan Venus dan mengaitkan penyusunan batuan dengan sejarah modifikasi terkini mereka.

Apa itu VfOx?

Venus Oxygen Fugacity (VfOx) sedang dirancang oleh mahasiswa sarjana dan pascasarjana untuk misi DAVINCI ke atmosfer Venus. Sensor akan dipasang di komponen luar wahana Descent Sphere, yang akan berfungsi mengevaluasi fugasitas oksigen tekanan parsial oksigen di atmosfer dalam di bawah awan Venus.

Wahana ini akan menjelang Venus sesudah dua tahun tiba di orbit Venus, menelan dan mengkaji gas atmosfer dan mengumpulkan gambar ketika turun ke permukaan planet di kawasan Alpha Regio. VFX akan beroperasi mirip dengan sensor oksigen di banyak mesin kendaraan beroda empat, yang mengevaluasi jumlah oksigen dalam metode bahan bakar relatif kepada bagian bahan bakar lainnya.

“Memahami berapa banyak oksigen yang terkandung di atmosfer Venus akan menjadi penting dalam persiapan untuk mengkarakterisasi dunia mirip Venus di luar Tata Surya kita dengan teleskop luar angkasa James Webb dan observatorium masa depan. Berapa banyak oksigen yang dimiliki Venus di atmosfer terdalamnya akan menolong para ilmuwan mempelajari dunia terpencil ini,” kata NASA dikutip dari laman resminya seperti diperhatikan Selasa (7/6/2022).

Misi DAVINCI

Misi DAVINCI akan mengevaluasi komposisi atmosfer Venus untuk memahami bagaimana dia terwujud dan berevolusi, serta menetapkan apakah planet itu pernah mempunyai lautan. Misi hal yang demikian bertujuan untuk menemukan pedoman pertama seputar kemungkinan kehidupan yang pernah ada di Venus.

Venus dan Bumi serupa dalam ukuran dan kepadatan, jadi secara hipotesis, kedua planet ini dapat sungguh-sungguh mirip. Tapi di ketika berbarengan, mereka juga sungguh-sungguh berbeda. Pesawat ruang angkasa bertujuan untuk mengamati pertanda-pertanda perubahan di planet yang bisa direplikasi di Bumi sebab perubahan iklim.

DAVINCI seperti singkatan namanya, akan menangkap gambar resolusi tinggi pertama di dunia ini yang merinci fitur geologis Venus, yang mungkin sebanding dengan benua di Bumi, memperlihatkan bahwa Venus mempunyai lempeng tektonik. Banyak hal menarik yang dapat kita nantikan dari misi ini.