Ponsel cerdas telah memiliki misi untuk mengganti semua yang ada di saku kami sejak pertama kali diperkenalkan. Sejauh ini, mereka telah berhasil mengganti pemutar MP3, kamera, kartu kredit, dan bahkan kunci mobil baru-baru ini . Apa yang tersisa? ID yang dikeluarkan pemerintah. Yah, sepertinya mereka sedang dalam perjalanan ke smartphone kita juga. Dalam berita gadget terbaru, Ponsel seri Samsung Galaxy S20 menjadi smartphone pertama yang memenuhi persyaratan ID elektronik (eID) Uni Eropa. Ini membuka jalan bagi pemerintah negara-negara UE untuk membuat persiapan untuk penerbitan eID dan Jerman sudah melakukannya.

Tentunya, memiliki informasi sensitif seperti ID di ponsel Anda membutuhkan keamanan ekstra. Jadi bagaimana Samsung mencapai itu?

Singkatnya, dengan menambahkan chip khusus yang dimaksudkan untuk hanya menyimpan informasi eID, menjauhkannya dari pengintaian. Inilah infografis keren buatan Samsung:

Suatu hari, ketika cukup banyak perangkat memiliki fungsi ini, bahkan pemungutan suara berpotensi dilakukan dari ponsel Anda. Pemerintah yang cepat memanfaatkan teknologi baru dapat menghemat jutaan biaya administrasi dan menggunakannya di tempat lain.

Tentu saja, koin itu memiliki dua sisi. Banyak yang akan menganggap ini sebagai jangkauan privasi kami yang lebih dalam. Meskipun informasi eID disimpan secara terpisah, mudah untuk melihat bagaimana teori konspirasi dapat bermunculan tentang bagaimana pemerintah akan melacak warga lebih tepatnya jika mereka tahu persis orang mana yang menggunakan perangkat tersebut.

Untungnya, kami harus menunggu beberapa bulan untuk melihat seberapa baik adopsi eID di Jerman, jadi jangan pakai topi kertas timah Anda dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *